Wednesday, December 11, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Fase kehamilan merupakan fase yang rawan dan perlu mendapatkan perhatian khusus. Sebab, ibu hamil perlu memperhatikan betul seberapa baik kondisi janin dalam kandungannya dan menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan. Disamping mengetahui manfaat DHA dan kecerdasan folamil gold yang dibutuhkan selama kehamilan, ibu hamil juga perlu mewaspadai sindrom langka yang berbahaya pada kehamilannya. Berikut ini dua sindrom yang perlu diwaspadai.

Selective Intrauterine Growth Restriction (sIUGR)

Banyak orang yang ingin memiliki anak kembar karena dianggap unik dan lucu. Hanya saja, kehamilan kembar juga cukup berisiko untuk menderita suatu sindrom. Salah satunya adalah Selective Intrauterine Growth Restriction (SIUGR).
Sindrom saat hamil
Sindrom saat hamil

Sindrom SIUGR merupakan sindrom yang terjadi pada kehamilan kembar yang identik atau biasa disebut monokorionik. Kehamilan jenis ini berarti sang janin akan berbagai plasenta setelah lahir serta jaringan pembuluh darah dalam tubuhnya. Hanya saja, saat menderita SIUGR, plasenta yang harusnya dibagi justri tidak dibagi secara merata pada kedua bayi. Padahal, plasenta menyediakan nutrisi yang diperlukan bayi untuk proses tumuh dan kembangnya selama didalam Rahim. Akibatnya, akan terjadi ketidakseimbangan nutrisi pada salah satu bayi dimana akan ada bayi yang mengalami kekurangan gizi.

Sindrom HELLP

Salah satu sindrom yang sangat mematikan atau berbahaya adalah Sindrom HELLP. Sindrom ini bisa mengancam nyawa seorang ibu yang tengah mengandung serta janin yang ada di dalam kandungannya. Biasanya, sindrom ini akan terjadi saat seorang ibu mengalami kehamilan lebih dari 20 minggu alias telah memasuki trimester kedua. Selain itu, pada beberapa kasus sindrom ini juga bisa menyerang setelah sang ibu melalui proses persalinan juga.

Kondisi sindrom HELLP bisa dideteksi melalui tekanan darah yang tinggi serta naiknya kadar protein dalam urin ibu saat hamil. Sementara itu, gejala lainny ayang bisa dirasakan adalah sakit kepala, mual, muntah, rasa sakit setelah makan, nyeri di bagian dada ketika mengambil nafas, mata berkunang, pendarahan, kejang-kejang, dan bengkak pada beberapa bagian tubuh seperti kaki dan tangan.

Bukan hanya memahami sindrom, ibu hamil juga perlu memahami beragam hal yang bisa menjaga kesehatan janin dan dirinya. Membaca info kesehatan terbaru dari link ini www.guesehat.com/cara-mengobati-luka-pada-pasien-diabetes bisa menjadi cara yang tepat karena berasal dari sumber yang valid dan terpercaya.

Next article Next Post
Previous article Previous Post