Monday, December 9, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Berdasarkan laporan dari American Academy of Dermatologist, rata-rata tiap manusia kehilangan helai rambut 50 sampai dengan 100 dalam sehari. Cukup banyak juga, ya.
tips mengatasi rambut yang rontok
tips mengatasi rambut yang rontok

Penyebab kerontokan pada rambut bisa dipicu oleh keadaan emosional yang labil, lagi pubertas, perubahan hormon, anemia, kurang protein, dan masih banyak lagi.

Tips Mengatasi Rambut Rontok

Seringkali hal ini tidak terhindarkan. Bisa jadi karena terlalu sibuk dengan pekerjaan sehari-hari atau malas merawat. Apa pun itu, sebaiknya terapkan cara mengatasi rambut rontok berikut agar kualitas rambut kembali seperti awal.

Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Tepat

Makanan yang enak, belum tentu bagus untuk kesehatan rambut. Sebaiknya, pilih jenis makanan dan minuman tertentu. Mulai dari telur, susu, bayam, stroberi, kacang, serta cokelat hitam. Khusus untuk cokelat hitam, kemampuannya bahkan bisa melindungi rambut dari ancaman sinar UV berbahaya.

Mengonsumsi Suplemen Khusus

Makanan yang bergizi saja rupanya belum cukup. Menurut Dr Gaurang Krishna (ahli bedah transplantasi rambut dari Medlinks), mestinya ditambah lagi dengan mengonsumsi suplemen.
Sebab, kalau melakukan diet sehat seperti yang sering diterapkan di Indonesia, belum cukup untuk memperkuat rambut. Adapun suplemen yang bagus untuk rambut antara lain vitamin D, vitamin C, kalsium, biotin, hingga seng. Tapi kalau ragu ketika menggunakan suplemen, bisa tanya-tanya dokter ahli dulu agar lebih meyakinkan.

Mulai Berani Ganti Produk Perawatan Rambut

Selama ini, Anda pakai produk apa untuk membuat rambut tampak rapi dan berkilau? Kalau ternyata justru bikin rambut jadi menipis, sudah saatnya ganti. Tidak masalah, kan?
Adapun untuk rentang waktu keramasnya, lebih baik lakukan 2-3 kali dalam satu minggu. Paling bagus sih kalau keramasnya pagi-pagi. Sebab, masih banyak oksigen yang baru diproduksi oleh pohon dan tumbuhan.

Melakukan Hal-Hal yang Menyenangkan

Apakah selama ini Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan sehari-hari? Sampai akhirnya melupakan kesehatan diri sendiri. Ketika stres terus-menerus mendera, wajar jika rambut rontok secara tiba-tiba ataupun dalam jumlah banyak.

Biarpun hanya sekali, sempatkan untuk bermain atau melakukan hal-hal menyenangkan. Lebih bagus lagi kalau menghabiskan waktu bareng si kecil. Selain untuk menjaga keseimbangan jiwa, sekaligus bisa membuat si kecil jadi lebih dekat dengan Anda.


Saat rambut rontok tiba-tiba dalam jumlah banyak, jangan terburu untuk berpikiran negatif. Tetap rileks dan berpikiran positif. Apa pun masalahnya, pasti selalu ada solusinya. Setelah menerapkan tips-tips di atas, wajib yakinkan diri, bahwa cara yang Anda lakukan bisa berhasil dalam waktu dekat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post