Thursday, January 9, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Bagi orang yang mencintai musik pastinya kualitas audio di mobil menjadi bagian yang diperhatikan. Dengan adanya audio mobil yang bagus, maka Anda bisa mendengarkan musik di mobil dengan lebih nyaman. Untuk bisa menikmati kualitas audio yang bagus, ternyata Anda harus memperhatikan elemen dari audio itu sendiri.
Bagian penentu audio mobil yang berkualitas
Bagian penentu audio mobil yang berkualitas

Berikut ini merupakan 4 elemen penting yang menentukan kualitas audio mobil;

Head unit

Head unit merupakan otak dari audio mobil. Dimana bagian ini merupakan pengatur sinyal agar tersambung dengan perangkat audio lainnya. Saat ini head unit juga sudah semakin canggih. Melalui layar sentuh, Anda bisa mengatur volume, equalizer, dan lain sebagainya.

Untuk Anda yang akan melakukan modifikasi pada head unit sebaiknya memperhatikan budget dan juga merk-merknya terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Pasang Audio Mobil yang Benar

Amplifier

Elemen penting yang harus diperhatikan selanjutnya yaitu amplifier. Sinyal yang berasal dari head unit akan dikuatkan oleh amplifier. Dengan adanya amplifier juga akan meningkatkan tatanan suara pada bagian kabin mobil Anda.

Dengan demikian, perangkat audio lainnya yang ada di dalam mobil akan lebih mudah dalam menangkap sinyal dari head unit.

Crossover

Elemen audio di mobil yang berikutnya yaitu crossover. Crossover ini berfungsi untuk membagi sinyal sebelum atau setelah diperkuat amplifier. Terdapat dua jenis crossover, yaitu aktif dan pasif.
Crossover aktif akan membagi frekuensi sebelum sinyal masuk ke bagian amplifier, sedangkan crossover pasif akan membagi frekuensi setelah sinyal dijadikan lebih kuat oleh amplifier.

Crossover ini hanya dibutuhkan oleh mobil dengan sistem 2-way dan 3-way. Untuk mobil dengan sistem satu suara, maka tidak memerlukan crossover.

Speaker

Speaker berfungsi untuk mengeluarkan suara berdasarkan sinyal yang berasal dari head unit yang sebelumnya telah di-boost oleh amplifier. Speaker juga terdiri dari beberapa jenis tipe yang dapat disesuaikan dengan frekuensi yang hendak dikeluarkan. Berikut ini jenis-jenis speaker:

  • Tipe Tweeter
Tipe tweeter merupakan speaker yang berfokus pada frekuensi tinggi, yakni antara 3500 Hz – 20 Khz.
  • Tipe Midrange
Tipe speaker midrange bertugas untuk menjadikan vokal manusia menjadi lebih jelas, yakni berada pada frekuensi 350 – 4500 Hz.
  • Tipe Midbass
Tipe speaker midbass memiliki tugas untuk pengolahan frekuensi rendah, yaitu antara frekuensi 80  - 350 Hz.
  • Tipe Subwoofer
Tipe speaker yang terakhir yaitu subwoofer, dimana tipe ini memiliki tugas untuk mengeluarkan suara bas atau mengeluarkan frekuensi lebih rendah dari midbass. Tipe subwoofer berada di  frekuensi <100 Hz.

Sekarang pastinya Anda sudah paham tentang elemen yang harus diperhatikan agar audio mobil menjadi lebih jernih. Setelah mengetahui tentang 4 elemen penting yang menentukan kualitas audio mobil pastinya Anda akan mendapatkan gambaran bagaimana melakukan modifikasi pada audio mobil. Jika Anda merasa kesulitan bisa juga dengan melakukan konsultasi kepada bengkel mobil langganan yang sudah terpercaya.

Next article Next Post
Previous article Previous Post