Sunday, February 23, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Di beberapa daerah atau kawasan tertentu, tentunya terdapat beberapa spot atau tempat khusus. Salah satunya adalah tempat yang digunakan sebagai makam. Di Indonesia sendiri, kawasan yang digunakan untuk makam letaknya jauh dari pemukiman. Hal ini bisa dilihat di beberapa pedesaan. Namun berbeda halnya dengan makam yang ada di kawasan perkotaan. Makam tersebut letaknya tidak terlalu jauh dari kota. Bahkan bisa dibilang sangat dekat dengan keramaian. Salah satu kawasan pemakaman yang cukup terkenal adalah TPU Pondok Rangon.
ilustrasi TPU pondok ranggon
ilustrasi TPU pondok ranggon

TPU atau yang lebih dikenal dengan tempat pemakaman umum ini memang sangat penting bagi setiap warga. Sebab, pemakaman merupakan tempat peristirahatan terakhir. Tempat pemakaman umum Pondok Rangon sendiri memiliki lahan yang cukup luas dan penataan makam yang cukup rapi.

Mengenal Lebih Dekat Tempat Pemakaman Umum Pondok Rangon

Artikel ini disponsori oleh San Diego Hills

Berbicara mengenai makam, ada banyak jenis makam yang ada di Indonesia. Selain tempat pemakaman umum, ada pula tempat pemakaman yang tidak umum. Namun hampir setiap daerah di Indonesia didominasi oleh tempat pemakaman yang bersifat umum. Salah satunya adalah tempat pemakaman umum Pondok Rangon yang terletak di kawasan ibu kota.

Tempat pemakaman yang satu ini cukup ramai dikunjungi. Bahkan ada beberapa orang artis yang telah dimakamkan di tempat ini. Tidak hanya kalangan artis saja, tetapi juga beberapa kalangan pejuang. Perlu diketahui bahwa tempat pemakaman umum Pondok Rangon ini merupakan tempat peristirahatan terakhir beberapa orang dari tragedi 1998. Bahkan ada beberapa pejuang lainnya yang dimakamkan di tempat ini.

Tempat pemakaman umum ini juga digunakan sebagai tempat peristirahatan terakhir dari arti Yuli Rahmawati. Di kawasan pemakaman ini dibagi menjadi beberapa blok. Setiap blok memiliki identitas tersendiri dan memiliki jumlah petak yang telah ditentukan.

Informasi Mengenai TPU Pondok Rangon

Belum lama ini tempat pemakaman umum Pondok Rangon dikabarkan kekurangan lahan. Padahal sebelumnya tempat pemakaman umum ini memiliki lahan yang cukup luas. Ukuran lahan yang dimiliki oleh tempat pemakaman umum Pondok Rangon ini sekitar 70 hektare. Sekitar 69 hektare telah diisi atau ditempati. Dengan begitu lahan yang masih bisa digunakan hanya sekitar 1 hektare saja. Dikatakan kekurangan lahan karena memang hanya tersisa satu hektare saja. Padahal yang tingkat orang meninggal di Jakarta Timur cukup tinggi.

Tempat pemakaman umum yang berada di kawasan Jakarta Timur ini memang sangat padat. Ketidakseimbangan luas lahan dengan tingkat kematian bisa menjadi masalah pada tempat pemakaman ini. Alamat utama dari tempat pemakaman umum ini adalah Jalan TPU Pondok Rangon, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia. Kode pos yang dimiliki adalah 13860. Seperti yang diketahui bahwa luas lahan yang dimiliki sekitar 70 hektare tapi hanya tersisa 1 hektare saja. Nomor telepon yang bisa dihubungi adalah +62218447546.

Beberapa informasi tersebut dapat anda jadikan sebagai referensi untuk mengetahui mengenai tempat pemakaman umum Pondok Rangon. Meskipun hanya tersisa 1 hektare saja namun pemerintah masih mengusahakan perluasan lahan. Namun saat ini masih menjadi perbincangan terkait dengan kurangnya lahan pada TPU Pondok Rangon. Karena kekurangan lahan ini, ada beberapa wacana yang kurang disetujui oleh sejumlah masyarakat Pondok Rangon.

Meskipun begitu, TPU Pondok Rangon saat ini masih beroperasi seperti biasanya. Keperluan lahan akan segera diatas oleh pemerintah setempat. Untuk saat ini masih berjalan dengan lancar. TPU Pondok Rangon ini juga merupakan salah satu tempat pemakaman yang memiliki jenis petak yang rapi.

Next article Next Post
Previous article Previous Post