Saturday, March 7, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Rayap merupakan salah satu jenis hama yang cukup mengganggu. Rayap dapat menimbulkan masalah yang sering kita jumpai di rumah-rumah seperti pada berbagai furniture berbahan baku kayu. Keberadaan rayap selain dapat merusak berbagai jenis perabot berbahan kayu, juga dapat muncul pada dinding-dinding rumah sehingga dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada dinding rumah.

Disini akan kita bahas bagaimana cara menghilangkan rayap di tembok.

Cara Menghilangkan Rayap Di Tembok

Pada umumnya serangga jenis rayap bersarang serta memakan kayu kering yang lembab seperti perabot rumah dapat menimbulkan beragam kerusakan. Lalu bagaimana cara membasmi rayap (lihat juga: jasa pembasmi rayap) yang muncul pada tembok rumah. Di bawah ini beberapa cara menghilangkan rayap yang muncul di tembok antara lain:

Sediakan Ventilasi yang Cukup

Hal ini merupakan langkah dasar dalam membasmi atau mencegah timbulnya rayap di dalam rumah kita. Rayap cenderung menyukai tempat dengan kelembaban yang tinggi serta minim sinar matahari. Bagi anda yang memiliki rumah dengan dinding atau tembok rumah berbahan kayu atau berbagai perabot rumah berbahan baku kayu, untuk membasmi serangan rayap hendaknya membangun ventilasi yang memadai.
panduan cara membasmi rayap di pintu kayu
Panduan cara membasmi rayap di pintu kayu / Antirayap.co.id

Hal ini dapat membuat sinar matahari dapat masuk ke setiap sudut ruangan rumah dengan mudah. Oleh karena itu, berbagai furniture serta dinding rumah berbahan kayu dapat terhindar dari serangan rayap.

Menggunakan Bahan Alami

Cara menghilangkan rayap di tembok rumah selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan alami. Banyak terdapat bahan alami yang dapat digunakan untuk membasmi serangga jenis rayap secara tuntas. Bahan alami tersebut antara lain air sabun, kapur barus, karbol lantai dan lain sebagainya.

Bahan-bahan alami tersebut dapat membasmi rayap yang terdapat di dalam jalur rayap yang berbentuk seperti tanah. Cara menggunakan bahan alami tersebut yakni dengan menyiramkan atau menyemprotkannya pada bagian yang diserang oleh rayap dengan menggunakan sprayer tanaman.

Gunakan Pendingin Ruangan

Meskipun rayap dikatakan sangat menyukai kelembaban, akan tetapi adanya suhu yang dingin secara mendadak akan membuat rayap dapat mati tiba-tiba. Oleh karena itu, dengan menyetel AC pada suhu yang terendah dapat menghindarkan rumah anda dari serangan rayap.

Menutup Retakan pada Setiap Sisi Rumah

Hal terpenting yang harus diperhatikan bagi anda yang memiliki rumah dengan bahan baku kayu adalah dengan memeriksa kondisi rumah secara berkala. Kemungkinan terjadinya keretakan pada tembok dapat menjadi jalan bagi rayap untuk dapat masuk ke dalam rumah. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada rumah anda akibat serangan dari hama rayap.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, maka sebaiknya anda segera menutup keretakan atau celah yang ada. Keretakan tersebut dapat anda tutup dengan menggunakan bantuan semen putih yang cukup mudah didapat. Maka rumah anda akan aman dari serangan hama rayap.

Masih banyak lagi cara menghilangkan rayap di tembok rumah. Selain itu, anda juga harus menjaga kebersihan lingkungan rumah anda dari berbagai kayu kering, terutama yang terdapat di dekat tembok. Karena hal ini merupakan awal mula hama rayap bersarang. Dengan selalu memperhatikan kondisi lingkungan rumah, maka rumah anda akan terhindar dari berbagai serangan rayap.

Next article Next Post
Previous article Previous Post